Saturday 30 October 2010

Belajar Menulis Bag. 1

Menulis merupakan kegiatan menuangkan ide dari pikiran ke dalam rangkaian kata-kata penuh makna. Menulis menjadi salah satu sarana komunikasi dalam menyampaikan pesan dan informasi ke orang lain. Seiring perkembangan zaman telah banyak orang yang menggeluti kegiatan ini, dari yang profesional hingga sekedar menyalurkan hobi atau kesenangan saja.

Sesungguhnya menulis merupakan bakat alami yang dimiliki oleh setiap orang sebagai makhluk yang berpikir. Perkembangan dunia maya sebagai dampak dari derasnya arus informasi telah menjadi bukti dari hal tersebut. Situs dan blog sebagai sarana menulis di dunia maya kian bertambah bak jamur di musim hujan. Begitu pula dengan trend jejaring sosial yang berkembang saat ini, disadari atau tidak telah memunculkan banyak penulis baru. Dengan begitu, menulis kini menjadi gaya hidup masyarakat.

Di sisi lain, masih banyak juga orang yang tidak terjun ke dunia tulis-menulis ini karena berbagai macam alasan. Di antara alasan tersebut misalnya karena tidak tahu, tidak punya waktu, atau merasa menulis merupakan kegiatan yang tidak bermanfaat bagi diri mereka. Akhirnya bakat menulis yang ada pada diri mereka jadi sia-sia karena tidak tersalurkan.

Berbagai alasan tersebut sesungguhnya bukanlah penghalang besar yang membuat kita tidak menggeluti kegiatan menulis. Ketika ada di antara kita yang belum juga menulis dan mengatakan “saya tidak tahu caranya”, “saya belum tahu teori ini dan teori itu”, “saya tidak tahu harus memulai dari mana”, maka ketahuilah bahwa modal yang pertama dan utama dalam menulis adalah kemauan. Ketika anda memulai menulis saat pertama kali, saat itulah anda telah menjadi penulis bukan saat anda bisa menghasilkan tulisan dengan berbagai macam teori dan teknik penulisan.

Dengan tidak bermaksud menafikan berbagai macam teori dan teknik penulisan untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas, tetapi pengalaman membuktikan bahwa para penulis itu memulai karirnya dari kemauan mereka untuk memulai menulis sedangkan orang yang terpaku pada teori dan teknik malah cenderung lambat dan pasif dalam menghasilkan tulisan. Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh mas Jonru, seorang penulis, tentang kiat menulis, mengungkapkan sebuah rahasia terbesar dalam dunia menulias adalah otak kanan. Otak kanan merupakan bagian dari otak yang merupakan pusat dari kreativitas sedangkan otak kiri lebih fokus kepada teori-teori. Ketika anda ingin membuat sebuah tulisan, mulailah segera dengan menuangkan segala hal yang ada di pikiran anda tanpa harus mempertimbangkan teori dan teknik apa yang harus digunakan dalam menulis. Jika semua tulisan telah selesai dibuat barulah diterapkan teori dan teknik dalam tulisan tersebut. Inilah kerja dari otak kanan yang mendahului otak kiri. Dengan demikian, boleh jadi anda tidak hanya menghasilkan sebuah tulisan tetapi berbagai macam tulisan sesuai dengan aliran ide-ide di kepala anda yang dituangkan melalui rangkaian kata-kata penuh makna.
Ketiadaan waktu bukanlah sebuah hal yang menjadi kendala. Jika kita perhatikan, menulis bukanlah sesuatu kegiatan yang membutuhkan waktu yang banyak. Kita dapat menulis di sela-sela rutinitas kegiatan kita atau dengan menyediakan waktu khusus dengan menyisihkan sedikit dari waktu kita untuk menulis. Saya jadi teringat dengan hadits Rasulullah yang mengungkapkan bahwa amalan yang dicintai Allah adalah amalan yang sedikit namun rutin dilakukan secara terus menerus. Menulis juga dapat mengikuti pola tersebut. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit seperti jarum jam yang mampu berputar ratusan ribu kali per hari karena rutin bergerap tiap detiknya.

Suatu hal juga yang perlu diingat dalam menulis bahkan dalam setiap kegiatan yang kita lakukan adalah motivasi. Motivasi akan memberikan semangat dan dorongan bagi kita dalam menulis. Salah satu hal yang dapat menjadi motivasi dalam menulis adalah rajin membaca. Jika kita jarang membaca maka hanya ide-ide lama yang terus berputar dalam pikiran kita yang akhirnya menimbulkan kejenuhan berpikir sehingga membuat kita malas menulis. Dengan rajin membaca akan memberikan banyak masukan bagi pikiran kita sehingga banyak pula yang dapat kita tuangkan dalam tulisan kita.

Ternyata menulis itu mudah, menyenangkan dan bermanfaat ya. Begitulah yang terpikir di benak orang-orang yang memutuskan untuk terjun ke dalam dunia kepenulisan termasuk saya yang penulis pemula dan senantiasa belajar menulis ini. Jadi tunggu apa lagi, mulailah menulis dari sekarang bersama kami.

0 comments:

Post a Comment

Demi Masa

Detik-Detik Berharga

Pesan Pejuang Kehidupan

Assalamualaikum. Ahlan Wa Sahlan di Blog Catatan Pejuang Kehidupan. Silahkan Beri Kesan & Pesan. Terima Kasih Atas Kunjungannya

Buku Tamu

Blog Statistic

Follower Blog

Pengunjung Blog