Sunday 12 December 2010

Dari Bloggers Oleh Bloggers dan Untuk Blogging

Seperti istilah sistem pemerintahan saja ya judul tulisannya(Dari Rakyat Oleh Rakyat dan Untuk Rakyat). Memang sangat sedikit sama sih. Sekali lagi, sangat sedikit sekali samanya.

Blog atau Weblog? Bloggers? Bagi kita yang telah mengenal internet cukup dalam sudah pasti tak asing lagi dengannya. Tak usah dijelaskan lah arti dan pengertiannya. Toh, kompasianers yang budiman juga blogger pastinya. Blogging memang menyenangkan. Segala macam ide atau uneg-uneg bisa kita tuangkan di blog sesuka kita(tapi tetap sesuai aturan). Sharing hal-hal yang kita tahu kepada blogger lain. Atau sekadar sebagai catatan harian.

Dari sekian banyak blogger dengan berbagai jenis tema blognya, sepertinya blog sejenis tutorial(cara ini, cara itu) cukup mendominasi belantara rimba maya. Hebat ya kita? Seperti peneliti yang menemukan penemuan atau cara baru dari penelitian dan percobaannya. Atau guru Matematika yang mengajarkan tekniknya menjawab soal logaritma. Sepertinya lagi tidak juga hebat. Sebagian blogger memang memposting tulisan tutorial original dari hasil penemuannya. Dia melakukan percobaan hingga menemukan cara atau trik-trik baru untuk di share di blognya. Lalu, blogger yang sebagian lagi mendapat artikel tutorial idenya darimana?


Ada blogger yang tahu sebuah trik atau cara atau tutorial karena membaca tulisan blogger lain. Prosesnya bisa jadi begini. Saat seseorang (blogger) ingin mencari tahu sesuatu hal (tutorial dan tips trik), ia browsing di internet. Ternyata ia menemukan yang dicari di blog atau website orang lain. Bisa jadi yang ia temukan itu karya original(hasil survei dan penelitian) pemilik blog atau website tersebut. Karena si ia juga seorang blogger, maka tutorial yang didapat ditulis ulang dengan gaya bahasanya sendiri. Pikirnya, share ilmu dan pengalaman mencoba trik yang ia dapat sembari mengupdate blognya. Dengan kata lain si ia memperoleh materi blogging dari blog orang lain. Hal seperti ini sah sah saja. Selama tidak Copy-Paste apa adanya, alias harus disusun ulang dengan kalimatnya sendiri. Atau mau mencantumkan link sumber info.

Contoh seperti tadi lah yang membuat dunia blogging jadi semakin variatif. Blogger pun makin banyak. Asal tidak ada yang plagiat saja. Berbagi ilmu antar blogger dan netter lain. Bahan tulisannya Dari Blogger, dimanfaatkan Oleh Blogger dan digunakan untuk Blogging.

Ilmu yang diberikan seorang guru kepada muridnya. Lalu muridnya mengajarkan ilmu gurunya kepada orang lain. Kemudian orang lain menyebarkan ilmu yang ia dapat ke orang lain lagi. Dan seterusnya. Maka ilmu itu akan tetap ada hingga kapan pun.

Ditulis oleh Zulfarr Rachman
Dipublikasikan dalam Kompasiana
Dipublikasikan kembali dalam blog "Catatan Pejuang Kehidupan"

1 comments:

assyafieq said...
12 December 2010 at 23:09

kalau membaca slogan tersebut ingat slogan koran Pikiran Rakyat..dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat..

Post a Comment

Demi Masa

Detik-Detik Berharga

Pesan Pejuang Kehidupan

Assalamualaikum. Ahlan Wa Sahlan di Blog Catatan Pejuang Kehidupan. Silahkan Beri Kesan & Pesan. Terima Kasih Atas Kunjungannya

Buku Tamu

Blog Statistic

Follower Blog

Pengunjung Blog